Makanan Berenergi

Print
Makan untuk Energi

Berjuang untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari, tak mampu berfungsi tanpa minum kopi pagi Anda, tengah hari mencari kudapan bergula dan minuman agar tetap dapat aktif sepanjang hari...terdengar lazim? Kita selalu sibuk, kita merupakan generasi yang melakukan semuanya – berkutat dengan pekerjaan, kehidupan di rumah, relasi, keluarga dan aktifitas sosial...maka tak heran jika kita merasa lelah! Tidur yang baik di malam hari bukanlah satu-satunya solusi untuk merasa lebih segar dan terjaga, namun apa yang kita makan juga merupakan bagian penting untuk memperkuat tubuh kita. Memilih makanan yang benar dapat menghasilkan dampak besar bagi kesehatan Anda secara keseluruhan namun memperhatikan diri sendiri merupakan prioritas terakhir dalam kesibukan sehari-hari. Mengudap makanan cepat seperti batangan coklat, minuman bersoda dan kafein untuk asupan yang memberikan dorongan alami adalah cara paling mudah untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan energi Anda dengan baik!

10 makanan pendorong energi

  1. Gandum – Gandum adalah sumber kalsium, kalium dan magnesium yang baik, dan juga sumber energi yang melepaskan vitamin B. Magnesium memainkan peran kunci dalam mengubah makanan yang kita makan menjadi energi, dan berpengaruh terhadap pengurangan rasa lelah dan letih. Gandum juga mengandung kadar Glysemic Indeks yang rencah sehingga memberikan pelepasan energi dengan tetap. Cobalah muesli, bubur atau kue gandum untuk sarapan sehat atau kudapan.
  2. Kacang – Tinggi akan kandungan protein, vitamin dan mineral dan juga lemak, kacang merupakan kudapan yang baik. Kacang Almon mengandung energi yang melepas mineral, magnesium dan kalsium. Kacang kenari kaya akan kalium, seng dan energi yang melepaskan zat besi, sementara kacang tanah merupakan sumber vitamin B6 yang sangat baik yang membantu tubuh untuk menggunakan dan menyimpan energi dari protein dan karbohidrat dari makanan. Yang manapun Anda pilih, cobalah untuk hati-hati dalam mengkonsumsinya, dan jangan sampai berlebihan karena kacang mengandung kalori tinggi dan kandungan lemak – satu genggam kecil atau dua sendok makan merupakan porsi ideal.
  3. Buah-buahan –Karena kebanyakan buah-buahan merupakan sumber vitamin yang baik, antioksidan dan serat, buah-buahan adalah kudapan yang sempurna bagi pembangkit energi. Vitamin C memiliki banyak fungsi yang penting di tubuh termasuk membantu melepas energi dari makanan dan mencegah rasa lelah dan letih. Jeruk dan jenis sitrus lainnya biasanya mengandung Vitamin C, pisang juga merupakan pilihan baik karena kaya akan sumber karbohidrat – bahan bakar yang diperlukan oleh tubuh, dan kalium, suatu elemen yang penting bagi fungsi otot normal. Tak ada yang namanya buah jelek, jadi makanlah berbagai macam buah-buahan bagi diet bervariasi dan nutrien maksimum.
  4. Sayuran – Ibu selalu bilang “Makan sayurmu, bagus buat kamu”, dan Ibu tidak bohong! Brokoli, bayam dan toge – mengandung sedikit zat besi tapi berguna, yang dapat mengurangi rasa lelah dan letih dan membantu melepaskan energi dari makanan. Ubi jalar juga merupakan pilihan yang baik karena mengandung kandungan energi yang tinggi yang menyediakan karbohidrat dan juga vitamin C yang diperlukan untuk melepas energi dari makanan dan Vitamin A untuk mempertahankan kulit normal dan pandangan.
  5. Padi gandum – Mengganti nasi putih, roti dan pasta dengan padi gandum akan membantu melepas energi lebih rutin dari makanan Anda. Karbohidrat halus mengandung serat yang sangat kecil dan diproses dengan hebat, sementara karbohidrat tidak halus sangat kaya akan serat yang memperlambat tingkat pelepasan gula dari karbohidrat sehingga tidak menyebabkan penyuntikan dan turunnya gula darah secara mendadak. Serat juga menyebar di perut Anda yang menyebabkan Anda merasa kenyang lebih lama. Nasi merah dan roti gandum merupakan sumber karbohidrat energi yang baik dan asam pantothenik (lebih dikenal dengan nama Vitamin B5) yang membantu tubuh mengekstrasi energi dari makanan.
  6. Ikan –Ikan adalah sumber protein yang baik dan juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Ikan berminyak, termasuk salmon, ikan kembung, ikan forel, ikan haring, tuna segar, dan sardin kaya akan vitamin B6, Niacin (B3) dan B12, yang penting untuk mengubah makanan menajdi energi. Ikan juga kaya akan magnesium dan mineral utama lainnya bagi produksi energi. Ikan berminyak mengandung lemak sehat Omega 3 yang baik bagi jantung.
  7. Daging Merah tanpa lemak – Daging merah kadang diberitakan jelek, namun memakan daging merah dapat membantu tubuh Anda untuk menambah tingkat protein dan besinya. Tingkat zat besi yang rendah dapat menyebabkan anemia defisiensi besi, gejala awal kelelahan, lesu dan kurangnya energi secara umum. Daging juga merupakan salah satu dari sumber utama Vitamin B12 di diet yang juga berkontribusi dalam pelepasan energi dari makanan yang kita makan.
  8. Kacang polong dan tanaman kacang-kacangan – melepaskan energi secara perlahan dan kaya serat yang memperlambat proses pencernaan sehingga menyediakan pasokan energi secara tetap. Kacang merah, kacang-kacangan dan kacang bakar mengandung zat besi, yang penting untuk memproduksi sel darah merah yang membawa oksigen di seluruh tubuh dan berpengaruh pada penurunan rasa lelah dan letih. Kacang polong dan tanaman kacang-kacangan tidak perlu dimakan begitu saja – dapat dibuat kare atau sup dan salad, kacang polong dan tanaman kacang-kacangan merupakan kandungan yang serba guna yang membantu Anda merasa kenyang.
  9. Telur - satu dari sedikit makanan yang disebut-sebut mengandung banyak protein lengkap karena mengandung 9 asam amino penting – pembangun balok protein di tubuh Anda. Sebagai sumber kaya protein, telur baik untuk pendorong energi, dan Anda akan merasa lebih kenyang lebih lama karena telur menyediakan pelepasan energi yang perlahan.
  10. Bawang putih – Makan banyak bawang putih mungkin tidak membuat Anda populer karena bisa menyebabkan bau, namun bawang putih memiliki manfaat yang sehat dan sudah diketahui selama berabad-abad. Tumbuhan yang sangat kuat ini telah dihubungkan deengan kesehatan jantung dan mengatur tingkat gula darah – dan lebih dari itu bawang putih menambah rasa yang enak ke dalam makanan!
Herbalife adalah anggota dari Direct Selling Association dan mengikuti perjanjian Pedoman Perilaku Bisnis DSA


id-ID | 30/07/2014 22:20:36 | USCOSPRODIIS1