Hidrasi

Print
Drink Water

Sekitar 60-70% tubuh manusia terdiri dari air, sehingga wajar untuk mengatakan bahwa air sangat vital untuk hidup. Air berfungsi menjaga suhu badan tubuh, memungkinkan kita untuk bernapas,  penting bagi pencernaan dan buang hajat, membantu pergerakan tubuh, dan hal-hal tersebut baru beberapa fungsi saja!

Meminum 8-10 gelas air per hari sangat direkomendasikan namun selama olahraga atau bahkan di lingkungan yang panas, kita perlu minum lebih banyak, karena kita lebih banyak berkeringat.

Apakah air saja cukup? Atau apakah Anda membutuhkan minuman energi agar tetap berhidrasi?
Minuman olahraga akan membantu Anda tetap berhidrasi dan memberikan energi jika Anda berpartisipasi dalam olahraga yang berintensitas tinggi selama lebih dari satu jam. Akan tetapi jika Anda tidak berolahraga sampai ke tingkat tersebut, air putih biasa saja sudah baik.

Apa maksudnya minuman berenergi?
Minuman berenergi (kadang-kadang diberi nama minuman elektrolit atau isotonik) dikembangkan untuk mengandung tingkat karbohidrat yang benar (5-8 g/liter) dan elektrolit (seperti sodium dan kalium) untuk membuat Anda tetap berhidrasi; menggantikan apa yang hilang dari tubuh selama berolahraga.

Tahukah Anda…
Studi menunjukkan dehidrasi sekecil satu persen saja dapat menimbulkan perubahan suhu tubuh, sementara dehidrasi dua persen akan menurunkan tingkat kinerja tubuh Anda secara signifikan! Jadi untuk beroperasi secara efisien, sangat penting untuk mempertahankan kenaikan tingkat cairan Anda.

Minuman lain yang mengandung sejumlah tinggi karbohidrat (seperti Lucozade dan Red Bull dan minuman ringan) menghentikan penyerapan air secara cepat dan karena itu dapat menunda hidrasi, jadi tidak cocok untuk diminum sebelum olahraga.

Jadi, jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, pilihlah minuman berenergi. Namun, jika Anda tidak berolahraga dengan intensitas tinggi dan meminumnya sebagai bagian dari rutinitas Anda setiap hari, bisa jadi Anda malah menambah berat badan karena kandungan ekstra karbohidratnya.

Jika Anda tidak suka rasa air putih, tambahkan satu lapis potongan jeruk lemon, jeruk atau mentol agar air Anda menjadi memiliki rasa tanpa menambahkan kalori yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi minuman manis.

Kiat Hidrasi untuk olahraga

  • Pastikan Anda benar-benar terhidrasi sebelum berolahraga – mulai minum sekitar dua jam sebelumnya
  • Tetap asupkan cairan selama berolahraga

Selalu ingat untuk merehidrasi tubuh setelah berolahraga – penting untuk pemulihan. Cobalah untuk minum satu atau dua gelas air setiap jam sampai urin Anda berwarna pucat.

Herbalife adalah anggota dari Direct Selling Association dan mengikuti perjanjian Pedoman Perilaku Bisnis DSA


id-ID | 29/05/2017 18:17:01 | NAMP2HLASPX02