Makan Yang Benar, Tidur Yang Cukup

Print
Makan yang Benar, Tidur yang Nyenyak

Tidur nyenyak di malam hari harus salah satu hal alamiah yang paling mudah dilakukan. Namun kehidupan yang sibuk dan jadwal yang melelahkan membuat kita kurang makan dengan baik, dan kebiasaan makan yang buruk dapat menjauhkan kita dari tidur dengan kualitas baik.

Makanan dengan lemak rendah dan karbohidrat tinggi dicerna dengan lebih cepat dan menstimulasi produksi ragam kimiawi di otak – yang membantu relaksasi dan membantu tidur. Sehingga adalah hal terbaik untuk memilih protein tinggi untuk sarapan dan makan siang akan membuat Anda tetap terjaga dan karbohidrat untuk makan malam.

Jika Anda seperti kebanyakan orang, kafein merupakan stimulan, jadi meminum satu cangkir kopi sebelum tidur bukanlah hal yang bijaksana. Baik kafein dan alkohol dapat mengganggu pola tidur normal; Anda mungkin dapat tertidur namun tidak dalam jangka waktu panjang. Hal ini membuat Anda sukar untuk mencapai tingkat ternyenyak dan terlelap yang terbaik saat Anda tidur. Jadi meskipun Anda tertidur selama delapan jam, Anda masih merasa lesu di pagi hari. Kemungkinan tidur Anda akan terganggu oleh kandung kemih Anda yang penuh, karena baik kafein dan alkohol, keduanya sama-sama mendorong rasa ingin kencing.

Entah Anda ingin mengudap atau tidak sebelum tidur, ini tergantung dari bagaimana pola kebiasaan Anda. Jika porsi makan malam Anda kecil dan ringan (dan makan di awal), maka kudapan ringan boleh-boleh saja jika Anda merasa bahwa hal ini membantu Anda tertidur dan Anda dapat menanggung kalori tambahan. Makanan yang kaya akan kalsium seperti susu dan yogurt adalah pilihan yang baik karena kalsium membantu otot lebih santai.

Nutrisi yang baik bagi tidur yang enak:

  • Makan makanan yang lebih ringan malam hari, fokus pada salad, sayuran, buah-buahan, gandum dan kacang polongan
  • Satu mangkuk sup kacang-kacangan dengan salad dan buah-buahan untuk makanan penutup
  • Jika Anda tahu bahwa kafein membuat Anda terjaga, hindari minuman yang mengandung kafein selama 6-8 jam sebelum tidur
  • Hati-hati mengkonsumsi alkohol demi menghindari gangguan tidur
  • Minumlah jumlah besar cairan anda selama siang hari dan kurangi setelah makan malam. Jika Anda perlu untuk meminum obat saat waktu tidur, gunakan air dalam jumlah sedikit
  • Jika Anda ingin memakan kudapan di waktu tidur, makan makanan yang mengandung kalsium tinggi agar mendorong relaksasi otot
  • Secangkir susu panas merupakan resep lama untuk mencegah susah tidur dan untuk alasan yang baik
Herbalife adalah anggota dari Direct Selling Association dan mengikuti perjanjian Pedoman Perilaku Bisnis DSA


id-ID | 21/05/2018 5:36:18 | NAMP2HLASPX03